Pages

Jumat, 22 November 2013

Manfaat Buah Jeruk


            Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Selain untuk dimakan ternyata buah ini  juga banyak manfaatnya. Dibawah ini ada 10 manfaat buah jeruk :
1.      Menghilangkan Sariawan
Rasa yang sedikit asam dari Jeruk, dapat membantu untuk menyembuhkan penderita yang sedang sariawan. 
2.      Sumber Kalium
Kalium (potasium) yang terkandung di dalam jeruk, dinyatakan bisa untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa membantu kesehatan tubuh yang lainnya terutama jantung. Osteoporosis ialah tulang yang kekurang kalium. Jadi, dengan mengkosumsi jeruk dengan rutin bisa juga berperan untuk menghindari osteoporosis.




3.      Membatu sistem Pencernaan
Serat yang terdapat di dalam jeruk, bisa dimanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan anda lancar. Sehingga jika mengkosumsi jeruk dengan rutin, maka BAB anda dijamin untuk selalu lancar.
  
4.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung di buah jeruk, bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari segala penyakit yang akan menyerang tubuh anda.
 
5.      Mencegah Kanker
Beberapa penelitian banyak membuktikan buah jeruk memang banyak manfaatnya, salah satunya di Australia, mereka meneliti jeruk ternyata bisa mencegah kanker yang dikarena jeruk yang kaya akan vitamin C.
Jeruk kaya akan limonoid yang sudah terbukti mampu mencegah penyakit kanker kulit, paru-paru, payudara, lambung, dan usus besar. 

6.      Mencegah Diabetes
Serat yang terdapat pada buah jeruk, mengandung fruktosa yang dapat membantu kadar gula darah terjaga secara stabil.

7.      Menurunkan kolesterol
Meskipun mengandung banyak air, jeruk ternyata juga kaya serat yang membantu tubuh menurunkan kolesterol.
8.      Melawan infeksi virus
Penelitian membuktikan kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

9.      Karbohidrat sehat
Sama seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah jeruk adalah kadar glikemik indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40. Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah.


10. Mencegah batu ginjal
Demi menurunkan risiko penyakit batu ginjal, cobalah minum jus jeruk setiap hari secara rutin. Namun jangan berlebihan, karena gula yang pecah ketika jeruk diolah menjadi jus mampu membuat gigi cepat berlubang.

0 komentar:

Posting Komentar